Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Cenderawasih

Pemerintah Harapkan Investasi dan Kapasitas Industri Baja Meningkat

Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, pemerintah tengah berupaya untuk meningkatkan investasi sektor industri dasar seperti industri baja.

Menurut Putu, industri baja merupakan sektor industri yang memiliki dampak yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi.

“Melalui penambahan investasi di industri dasar kami mengharapkan pertumbuhan tersebut berkontribusi pada Produk Domestik Bruto (PDB),” ujar Putu saat diskusi dengan media di Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Jakarta, Jumat (26/5/2017).

Selain memiliki dampak ekonomi yang besar, Putu menegaskan, industri baja nasional masih berpeluang untuk dikembangkan lebih besar.

“Industri logam dasar atau baja ini punya potensi investasinya ditambahkan, dan kebutuhan baja akan tumbuh seiring pertumbuhan ekonomi,” papar Putu.

Dari catatan Kemenperin, saat ini kebutuhan baja nasional mencapai 12 hingga 14 juta ton, namun, industri baja nasional hanya memiliki kapasitas produksi sebesar 7 hingga 9 juta ton.

“Kami hanya bisa suplai 6 sampai 8 juta ton dan potensinya memang besar dan perlu investasi tambahan, karena baja seperti kebutuhan pokok, industri yang membutuhkan banyak sekali dan kami harus dorong industri ini tingkatkan investasi,” jelasnya.

sumber: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2017/05/27/080000326/pemerintah.harapkan.investasi.dan.kapasitas.industri.baja.meningkat